Berita

Fraksi NasDem Tak Setuju Revisi UU Pemilu dan Pilkada Dilakukan Terpisah

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:00
Fraksi NasDem Tak Setuju Revisi UU Pemilu dan Pilkada Dilakukan Terpisah Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem, Willy Aditya. (FOTO: Dok. DPR RI)

TIMES TULUNGAGUNG, JAKARTA – Fraksi Partai NasDem di DPR RI enggan apabila revisi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada (Revisi UU Pemilu dan Pilkada) dilakukan secara terpisah.

Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Willy Aditya mengatakan, tidak tepat apabila revisi kedua UU tersebut dilakukan secara terpisah karena revisi UU Pemilu harus menjaga semangat keserentakan pelaksanaan Pemilu-Pilkada.

"Kalau mau revisi ya total, UU Pemilu dan UU Pilkada direvisi bersamaan," ujar Willy kepada wartawan di Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Dia menjelaskan sejak awal Partai NasDem menginginkan agar dilakukan revisi UU Pemilu dan UU Pilkada disatukan dalam satu Undang-Undang.

NasDem lanjut dia juga mengikuti kebijakan partai koalisi pendukung pemerintah untuk menunda revisi UU Pemilu.

"Kalau mau revisi ya total, konsisten dong. Katanya untuk jaga keutuhan koalisi, kami sudah lakukan itu namun ada usulan ini (revisi UU Pemilu dan UU Pilkada dipisah), ini namanya 'maju-mundur cantik'," ujarnya.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu menegaskan bahwa apabila ingin dilakukan revisi UU Pemilu, maka harus sesuai dengan draf yang diinisiasi Komisi II DPR RI.

Dikatakan, revisi yang menjadi usulan Komisi II DPR RI itu memiliki semangat untuk menggabungkan pelaksanaan Pemilu-Pilkada sesuai Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55/PUU-XVII/2019 tentang rekonstruksi keserentakan pemilu.

Karena itu, Fraksi Partai NasDem di DPR RI enggan apabila revisi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada (Revisi UU Pemilu dan Pilkada) dilakukan secara terpisah. (*) 

Pewarta : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tulungagung just now

Welcome to TIMES Tulungagung

TIMES Tulungagung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.